Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Maret 2013

Bermain Drum Kosong

Pada tw ga maen drum kosong gimana? Maen drum kosong tuh gini maksudnya maen drum tanpa menggunakan drum yang sebenarnya (kaya ngayal maen drumnya). Ini sebenarnya cara yang ga patut untuk ditempuh kalo pengen maen drum secara serius. Soalnya “feel”nya maen drum yang sebenarnya ga bakalan dapet, tapi apa daya kalo yang pengen maen drum nasibnya kaya aku ga sanggup beli drum.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk bermain drum kosong :

* Stik Drum
* Sesuatu yang bisa dijadiin alat-alat pengganti drum kit
* Lagu atau pelajaran yang ingin dipelajari

Sekarang kita bahas satu-satu ya, bahas yang stik dulu deh. Ini alat yang mungkin wajib dimiliki sama semua drummer, soalnya kalo maen di studio misalnya ga ada bawa stik. Hasilnya nyewa stik drum deh ma yang punya studio, alhasil uang studio nambah ya tak?

Sebenarnya kalo mau maen drum kosong sih ga perlu pake stiknya juga ga terlalu masalah, tapi bagiku maen drum tanpa pake stik rasanya gimana gitu. Aku juga dulu awal-awalnya maen drum ga pake stik kok, mulai agak serius baru ngerasa stik tuh butuh banget baru dibeli dan dijaga baek-baek. Bagiku stik yang bagus tuh harus panjang yang adalah sekitar 45-50 cm, soalnya kalo agak pendek, mau maen beat cepat jadi susah. Trus stik yang ga kopong, mau tahu kopong apa ga gimana caranya? Pas mau ngebeli stiknya pukul kedua stik kalo suaranya agak nyaring tuh artinya kopong.

Trus kita bahas masalah alat yang bisa diganti jadi drum kit. Kalo snare drum, atau mw latihan sticking biasa pake stick trus maenin di lantai. Soalnya lantai agak mirip sifatnya dengan snare drum, pas kita mukul dia mantul lagi. Jadi agak enak kalo misalnya kita mau latihan paradidle atau apalah yang tekniknya untuk snare drum. Nah kalo untuk tom-tom, aku biasanya pake bantal, soalnya sifatnya juga kaya tom-tom. Agak susah mantul kalo dipukul. Kalo masalah hi-hat dan cymbal yang agak susah, kalo aku biasa mukul angin (aka mukul angin).

Masalah lagu atau pelajaran drum yang harus kita pelajari itu bisa kita download atau bisa kita pake buku latihan drum yang banyak dijual di toko buku. Kalo aku sih biasanya ngikutin lagu, sama kaya aphitoojuddy kalo lagi di lab, kami berdua kaya orang gila latihan lagu, tapi akhirnya asik sendiri, ga perduli deh sama orang. Oiya, satu tambahan, kalo latihan bawa metronome. Aku ga pernah maen make metronome jadi sering temponya ngawur. Hari ini, temponya segini besok latihan bisa beda lagi. Trus, jiwai lagu yang dimaenin. Itu berlaku sangat, karena dengan menjiwai lagu kita bisa memasukkan fill ke dalam lagunya jadinya lagunya indah dan menarik untuk didengar.

Begitulah sepintas mengenai pengetahuan drumku yang sedikit ini. Soalnya dari tadi pengen banget ngeposting mengenai drum di blogku.

Okay, that’s all for today.

http://laptopdrum.blogspot.com/2010/05/bermain-drum-kosong.html

0 komentar:

Posting Komentar