Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 14 Maret 2013

Teknik Dasar Memainkan Drum


Drum termasuk alat musik perkusi. Dalam musik pop, rock, dan jazz biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set yaitu sekelompok drum yang terdiri dari snare, hi hat, tom,tom, bass drum, dan kadang ditambah dengan drum listrik. 
Nah, bagi lho yang ingin mahir bermain drum, lho harus tau dulu teknik-teknik bermain drum. Kalau lho udah tau teknik-tekniknya, dijamin pasti lho sudah bisa dikatakan mahir bermain drum. 
Tanpa panjang lebar lagi, nih gue kasih teknik- teknik dasar bermain drum 

1. Memegang dan memukul drum
           
          Dalam memegang stick drum ada 2 cara :
  • Teknik Match Grip                                                                                                                     Teknik sering digunakan pada drummer profesional. Nah, bagi pemula coba-cobalah memakai teknik karena  teknik akan menghasilkan power yang keras dan usahakan memukul bagian tengah snare drum dengan tempo yang konstan. Berlatih terus dengan teknik ini agar bisa menghasilkantone yang bagus dan tidak terdengar kasar.
  • Teknik Tradisional Grip                                                                                                                       Teknik ini sering digunakan pada lagu-lagu soft atau lembut karena suara yang dihasilkan tidak terlalu keras tetapi lembut didengar. Contoh musik yang menggunakan teknik ini adalah pada musik jazz dan musik swing.
                                              

                                          Gambar Teknik Match Grip dan Tradisional Grip

          Dalam memukul drum juga ada tekniknya, salah satunya adalah :
  • Rimshot                                                                                                                                               adalah teknik dimana lho gak mukul bagian tengahnya aja tapi lho juga memukul bagian rimnya atau bagian tepinya. Dengan cara ini suara yang dihasilkan akan jauh berbeda. Bagi lho seorang drummer rock, biasakan memakai teknik pukulan ini saat latihan supaya suara yang dihasilkan lebih optimal. Tapi, teknik ini juga memiliki kekurangnya yaitu stick akan cepat mudah patah dan bagian tengah-tengahnya akan berserabut.
                                                   

                                                              Gambar Rimshot

2. Memijak pedal drum dan hi hat drum

           Dalam memijak pedal drum dan hi hat juga ada 2 cara :
  • Teknik pedal menggunakan ujung kaki                                                                                               Teknik ini sangat efektif digunakan untuk lagu yang bertempo cepat karena power yang dihasilkan lebih keras. Teknik ini juga bagus bagi para pemula karena tone yang dihailkannya akan lebih jelas. Begitu juga pada hi hat, kita akan lebih mudah mengatur tempo hi hat apabila menggunakan teknik ini. 
  • Teknik pedal flat                                                                                                                                       Teknik ini menghasilkan suara yang tidak terlalu keras karena kaki akan menempel pada pedal drum. Teknik ini biasa digunakan pada lagu-lagu santai.

                                          

                              Gambar Teknik pedal menggunakan ujung kaki dan Teknik pedal flat

        Kita sering mendengar dengan kata double pedal. Double pedal adalah dimana drum set memiliki 2 pedal drum. Double pedal sering dengar dalam musik rock, metal, dan scream. Guna double pedal adalah untuk menjaga stamina dan juga untuk melincahkan kaki terhadap pedal. Dalam double pedal ada 2 teknik yaitu hell up ( tumit diangkat ) dan hell down ( tumit tidak diangkat ). Diantara 2 teknik itu, teknik hell up adalah salah satu teknik yang pass untuk menggunakan double pedal. Usahakan dalam bermain double pedal, badan tidak terlalu kebelakang tetapi harus tegak agar tubuh tidak kehabisan stamina dalam menopang badan. Kendalanya double pedal adalah tidak seimbangnya suara pedal kiri dengan yang kanan, tapi jangan jadikan masalah. Salah satu caranya adalah menggantikan posisi drum atau jika lho punyo twin pedal, tidak usah repot-repot membalikkan posisi drum.


          Nah, kalau yang tadi itu teknik-teknik dasar bermain drum, sekarang kita akan membahas
tips-tips bermain drum :
  •  Gunakan ear plug ( penutup telinga ) guna untuk melingi telinga dari kerusakan seperti tuli.
  •  Biasakan menggunakan metronome supaya tempo lho memainkan tetap stabil. 
  •  Rileks, jangan tegang dan kaku dalam bermain drum.
  •  Selalu menggunakan stick sendiri dan juga selalu punya cadangan stick.
  • Dalam bermain drum, gunakan feel dan timing yang tepat dalam memukul drum.
  • Jangan belajar drum dari tempo yang cepat. Usahakan belajar dulu dari tempo yang labat. Jika sudah mahir dengan tempo lambat, maka gunakanlah tempo yang cepat.
          Saran dari gua nih sob :
  • Jangan puas dengan ilmu yang udah lho dapaat. Terus kembangkan dan kembangkan bakat lho.
  • Jangan fanatik. Jangan hanya tertuju dari 1 aliran musik aja, karena itu bisa menghambat kreatifivitas lho.
  • Jadilah pemain drum yang kreatif.

 Mudah-mudahan bermanfaat ya bro.
 Bagi para pemula mudah-mudahan menjadi pemain drum yang sudah mahir ketika membaca blog ini :)

0 komentar:

Poskan Komentar